Langsung ke konten utama

TUGAS 10 [SYAUQI] : MOMENTUM PENGAKUAN KECERDASAN TIRUAN 7B21

 Kali ini Kita akan membahas tentang peristiwa yang dapat menunjukan suatu kecanggihan teknologi kecerdasan tiruan, yakni Kompuer atau Robot ?

    Di labolatorium pemerintah Amerika Serikat lebih tepatnya di Los Almos National Numerical Integrator and Aoutomatic, New Mexico terdapat labolatorium nenergi yang awalnya meneliti tentang pengembangan senjata nuklir. Komputer Generasi awal ini masih berupa  yakni "Mesin Hitung" yang belum bisa berkomunikasi dengan komputer lain, bentuknya pun sangatlah besar dan beratnya setengah ton.

 



    Pada tahun 1956 ini lah proyek pertama yang tercatat yang peratama kalinya komputer mengalahkan manusia dalam permainan catur. Setelah eksperimen meniru otak berhasil di lewati, seiring berkembangnya teknologi yang akhirnya berubah pada teknologi kecerdasan buatan atau AI.

Ditengah pertandingan yang panas

    Pertandingan catur manusia melawan komputer dapat menarik perhatian dalam sejarah tentu saja pertandingan antara superkomputer Deep Blue IMB dari Amerika melawan pecatur Dunia saat itu Gary Kasparov dari Uni Soviet,Rusia.

     Pertandingan itu menarik perhatian karena menjadi simbol perang supremasi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, setelah sebelumnya kedua negara adidaya itu berpacu dalam perang bintang untuk berebut dominasi dalam penjelajahan ruang angkasa.

Pertandingan berlangsung dua kali dengan jarak lebih dari satu tahun. Yang pertama dilaksanakan di Philadelphia, AS, dalam rentang 10 – 16 Februari 1996 dan pertarungan kedua dilaksanakan pada New York City, juga di negeri Paman Sam, pada 3-11 Mei 1997. Keduanya memainkan enam game dengan aturan pembatasan waktu.

Pada putaran pertama, Kasparov mengalahkan Deep Blue dengan skor 4-2. Skor itu didapat tiga kemenangan Kasparaov, satu kemenangan Deep Blue, dan dua draw. Dalam catur, jika pertandingan berakhir seri maka masing-masing pemain mendapat skor setengah. Serunya, Deep Blue memenangkan game pertama, yang membuat perhatian publik semakin intens. 

Lebih dari setahun kemudian situasi berbalik. Deep Blue menang tipis 3,5 – 2,5 dengan tiga draw. Merespons kekalahan itu kubu Kasparov sempat melontarkan tuduhan bahwa Deep Blue sebenarnya dikendalikan oleh manusia dari jarak jauh. Menurut Kasparov dan pendukungnya, permainan Deep Blue “terlalu manusiawi” untuk dimainkan oleh sebuah mesin.

               7 peristiwa yang bisa menunjukkan kecanggihan Kecerdasan tiruan

  1. AI Secara Akurat Prediksi Kehamilan

    Saat ini, mal dan toko telah menggunakan penggalian data atau data mining untuk tetap terhubung dengan konsumen dan pilihan produk yang dibelinya di toko tersebut.Tentu, jika Anda belum mengetahui, data mining adalah dasar dari kecerdasan buatan. Dalam konteks toko, sebagai konsumen kita bisa diberi rekomendasi untuk belanja apa berdasarkan pola belanja dan apa yang telah kita belanjakan.Salah satu toko ritel terbesar di AS yakni Target menggunakan teknik ini, dan kondisi konsumen bisa diprediksi melalui ini. Target akhirnya tak sengaja memprediksi bahwa seorang gadis SMA tengah hamil berdasarkan pembeliannya. Keluarganya, mendapatkan deretan rekomendasi produk bayi serta voucher diskon untuk pembelian barangbarang serupa. Sang ayah yang tak tahu apa-apa, akhirnya memprotes hal tersebut.
    
      2. AI Memenangkan Pertandingan Catur Melawan Master

    Para pecinta teknologi pasti sudah tahu soal berita ini, di mana sejak 2016 lalu, penguasa catur China atau Go adalah sebuah kecerdasan buatan. Bukan lagi sang grandmaster yang seorang manusia. Setelah dikembangkan selama beberapa tahun, komputer DeepMind milik Google akhirnya mengalahkan grandmaster permainan catur China Go di dua pertandingan awal dari 5 seri yang ada.

Menggunakan DeepMind, ilmuwan Google berhasil mengembangkan program berbasis AI atau kecerdasan buatan bernama 'AlphaGo'. AlphaGo berhasil mengalahkan pemain Go manusia, yaitu grandmaster Lee Sedol dari Korea Selatan.Permainan Go dipilih karena dianggap paling mampu memperlihatkan kecerdasan komputer DeepMind. Permainan ini memiliki banyak kemungkinan langkah, jauh melebihi catur.

    3. AI Menulis Lagu dan Merilis Album

  Pada 2017, kecerdasan buatan mencapai titik bahwa manusia tak lagi dibutuhkan untuk membuat sebuah musik.Pasalnya sebuah kecerdasan buatan bernama Amper ini mampu membuat, memproduksi dan memainkan sebuah lagu. Bahkan kecerdasan buatan ini mengajak kolaborasi seorang penyanyi pop bernama Taryn Southern.

Amper sendiri merupakan karya gabungan dari musisi dan lmuwan AI. Sebuah single berjudul "Break Free" dirilis di seluruh dunia pada 21 Agustus 2017.Taryn Southern sendiri yang berkolaborasi di posisi vokal, berkomentar bahwa ia merasa lucu karena memiliki pasangan bermusik yang tak bisa lelah dan pengetahuan musiknya tak terbatas secara harfiah.

    4. AI Hampir Memenangkan Penghargaan Untuk Sebuah Tulisan Novel

    Sebuah penghargaan bidang literatur yakni Hoshi Shinichi Literary Award, menyukai sebuah novel dan hampir memberinya penghargaan. Hanya saja akhirnya mereka tahu kalau novel tersebut tidak ditulis oleh manusia, melainkan komputer. Sebuah novel berjudul "The Day A Computer Writes A Novel" adalah sebuah novel yang ditulis oleh komputer yang berkolaborasi dengan penulis sungguhan.

Novel ini diakui sebagai karya literatur dan tersedia di perpustakaan seantero Jepang.Dewan juri dari Hoshi Shinichi Literary Award yang juga penulis fiksi ilmiah yakni Satoshi Hase, menyebut juga bahwa ia kaget dengan karya tersebut karena sangat terlihat seperti novel yang terstruktur.

    5. AI Saling Berbicara Kepada Sesama AI Dengan Bahasa Rahasia

    Di suatu masa, Facebook pernah mengembangkan sebuah proyek chatbot dan melakukan eksperimen dengan layanan chat berbasis kecerdasan buatan tersebut.Namun akhirnya proyek tersebut diabaikan. Pasalnya, dua chatbot mengganti bahasa Inggris dengan bahasa yang tidak komprehensif dengan kemampuan manusia untuk memahami. Bahkan oleh para pengembang kecerdasan buatannya.

Para pengembang memastikan, bahwa apa yang 'diobrolkan' oleh kedua chatbot tersebut bukan 'omong kosong'. Hal ini dalam artian arah pembicaraannya terprogram tapi tidak bisa dimengerti.Dua chatbot tersebut sebelumnya diberi nama Bob dan Alice, namun akhirnya proyek tersebut diakhiri.Hal semacam ini pernah terjadi di Google di mana sistem pembelajaran mesin untuk aplikasi Translate bisa menciptakan bahasa dan dialek sendiri.

    7. AI Memiliki Pemikiran Layaknya Manusia

 Di titik ini, kecerdasan buatan telah mencapai tingkatan yang mengerikan. Bagaimana tidak, kecerdasan buatan kini telah berhasil melalui tes kesadaran diri. Sebuah AI bernama King's Wise Man besutan Rensselaer Polytechnic Institute adalah yang mengembangkannya.

Hal ini memperlihatkan bahwa robot telah memiliki pemikiran dan kesadaran layaknya manusia. Di momen lain, sebuah komputer super berbasis AI berhasil memecahkan ujian Turing. Ujian Turing atau Turing Test adalah metode uji kepintaran mesin yang menyerupai manusia. Mesin akan lulus jika pelaku interogasi tak bisa bedakan apakah jawaban tersebut datang dari mesin atau manusia. Para partisipan pun percaya ketika mereka disebut sedang berbicara dengan anak 13 tahun, yang sebenarnya mereka sedang berbicara dengan komputer.



SUMBER : OLU dan MATERI


  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMPILASI URL UHAMKA OLEH (SYAUQI) (1803015070)

Berikut ini adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh : "RIF 'AT SYAUQI" , " 1803015070 " , terhadap daftar URL Subdomain Kampus Almaun. Pengamatan dilakukan dari : "Koja, Jakarta Utara" Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus Almaun Kampus

Tugas 2 [Rif'at] : Perspektif Kecerdasan Tiruan 7B21

1. Sebutkan 3 pengertian Kecerdasan Tiruan Secara Umum ! Kecerdasan buatan merupakan bagian dari ilmu pengetahuan komputer yang khusus ditujukan dalam perancangan otomatisasi tingkah laku cerdas dalam sistem kecerdasan komputer. (Kristianto – 2004),   Kecerdasan buatan adalah kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas. (Simon – 1987),  Kecerdasan buatan adalah tempat suatu penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer dalam melakukan suatu hal yang menurut pandangan manusia cerdas. (Herbert Simon-1987)   2.   Sebutkan 3 Perspektif Kecerdasan Tiruan Menurut Tujuannya!     - Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)         - Memahami  apa itu   kecerdasan (tujuan ilmiah)   - Membuat mesin  lebih bermanfaat (tujuan ent repreneurial) 3.  Tuliskan Perspektif Kecerdasan Tiruan dari sudut maknanya!      AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas”

Tugas 5 [ Syauqi] : Kecerdasan Tiruan & Alamiah 7B21

1. Jelaskan tentang Keuntungan Kecerdasan Tiruan dibanding kecerdasan alamiah ! Answer :  օ  Lebih permanen օ  Memberikan kemudahan dalam duplikasi dan penyebaran  օ  Relatif lebih murah dari kecerdasan alamiah  օ  Konsisten dan teliti  օ  Dapat didokumentasi  օ  Dapat mengerjakan beberapa task dengan lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia  2. Jelaskan tentang Keuntungan Kecerdasan Alamiah dibanding Kecerdasan Tiruan ! Answer :  օ  Bersifat lebih kreatif  օ Dapat melakukan proses pembelajaran secara langsung, sementara AI harus mendapatkan masukan         berupa simbol dan representasirepresentasi օ Fokus yang luas sebagai referensi untuk pengambilan keputusan sebaliknya AI menggunakan fokus       yang sempit 3. Jelaskan tentang Pemrosesan Data Pada Komputer Secara Konvensional ! Answer :  Proses Yang Dikerjakan Kalkulasi Mengerjakan operasi - operasi matematis : tambah, kurang, bagi, kali, atau mencari akar. Menyelesaikan rumus / persamaan. Logika Penyimpanan Mengerj